2
Oral Placement Therapy atau OPTby adminon.Oral Placement Therapy atau OPT    Adalah sebuah metode terapi yang dikembangkan oleh Sara Rosenfeld-Johnson, seorang speech language therapist Amerika. Dalam opini saya, selaku terapis yang pernah sekali waktu belajar mengenai OPT sampai dengan level – 2, OPT adalah metode yang banyak memanfaatkan sistematika sensoris dan motoris secara bersesuaian. Begini maksudnya: jika dahulu (ketika baru lulus) saat saya memberikan […]

 

oral placement therapy

oral placement therapy

 

Adalah sebuah metode terapi yang dikembangkan oleh Sara Rosenfeld-Johnson, seorang speech language therapist Amerika. Dalam opini saya, selaku terapis yang pernah sekali waktu belajar mengenai OPT sampai dengan level – 2, OPT adalah metode yang banyak memanfaatkan sistematika sensoris dan motoris secara bersesuaian. Begini maksudnya: jika dahulu (ketika baru lulus) saat saya memberikan terapi khususnya saat memperbaiki artikulasi, yang saya lakukan adalah membimbing klien saya untuk terus-menerus mengulang ucapan yang benar (bahkan) pada saat ucapan klien masih jauh dari benar… Misal: “ayo, katakan. MOBIL” secara berulang-ulang saya akan mengarahkan klien untuk mengucapkan kata mobil dengan tepat; mungkin sesekali tangan saya ikut mengarahkan atau menggerakkan bibir klien agar merapat dengan ideal, namun bagaimana dengan lidah dan langit-langitnya apakah “harus saya sentuh dan arahkan juga agar dapat bergerak dengan ideal?”.
Dan saya tidak pernah berpikir, bahwa ketika klien gagal mengucapkan kata mobil, berarti ada sesuatu yang salah di dalam (inside), bukan semata-mata karena otot salah gerak sehingga ucapan jadi salah, namun karena TIDAK BISA. Tidak bisa dalam arti yang lebih vital, lebih basic, lebih dasar, lebih dalam… (bisa jadi ototnya tidak kuat, bisa jadi sensasinya tidak normal sehingga tidak mampu mengarahkan otot dengan benar, dsb).
Lalu ketika saya berkenalan dengan teknik-teknik oral motor lebih jauh, saya “sedikit” memahami bahwa, yang saya lakukan dahulu, bukannya salah, namun kurang efektif. Sehingga OPT (karena memang ini yang terdekat yang bisa saya jangkau) membantu saya dalam memberikan terapi khususnya artikulasi dengan “sedikit” lebih efektif, dan tidak melupakan sensor pertama yaitu taktil/sensasi/rasa gerak. Tapi saya senang, dengan teknik-teknik yang selalu melibatkan sensori dan gerakan (motorik) karena telah lama saya meyakini, bahwa jika manusia bergerak dengan ideal, maka sehatlah ia…
Singkatnya, OPT adalah teknik oral motor yang disusun sedemikian rupa berdasarkan pengalaman dan riset yang dilakukan oleh penemunya.
OPT adalah teknik yang melibatkan sensori dan motori secara bersesuaian.

 

Salaam,
Pipit

Related Posts

2 Responses

  1. Mei 3, 2017 at 11:36 pmmonaco shirtReply

    Thanks for sharing, this is a fantastic blog.Really thank you! Awesome.

    • Author

      Mei 17, 2017 at 10:31 amadminReply

      🙂 Thanks, monaco shirt…

Tinggalkan Balasan