0
Paradoxical Vocal Fold Movement (2)by adminon.Paradoxical Vocal Fold Movement (2)Kebetulan, akhir tahun lalu, Saya berkesempatan menangani klien dengan kelainan tersebut. Dari hasil diskusi dengan senior-rockstar yang mumpuni pengalaman menangani kasus-kasus suara, Saya dibimbing untuk menangani kasus tersebut. Akhirnya, kesimpulan Saya mengenai penangan kasus tersebut antara lain: (1) klien mampu melakukan pertolongan pertama pada dirinya sendiri pada saat terjadi serangan kesulitan bernafas/rasa tercekik di leher. […]

Kebetulan, akhir tahun lalu, Saya berkesempatan menangani klien dengan kelainan tersebut. Dari hasil diskusi dengan senior-rockstar yang mumpuni pengalaman menangani kasus-kasus suara, Saya dibimbing untuk menangani kasus tersebut. Akhirnya, kesimpulan Saya mengenai penangan kasus tersebut antara lain: (1) klien mampu melakukan pertolongan pertama pada dirinya sendiri pada saat terjadi serangan kesulitan bernafas/rasa tercekik di leher. Untuk bisa melakukan hal ini, klien memerlukan bimbingan “pada gerakan apa gerakan adduksi pita suara terjadi paling maksimal”. Untuk melakukan hal ini memang cukup menantang, mengingat keterbatasan peralatan yang bisa menunjang penilaian objektif pada saat melakukan proses eksplorasi gerakan adduksi pita suara. (2) klien bisa memahami bahwa kondisi ini disebabkan oleh tingginya kadar asam lambung, sehingga masih diperlukan treatment secara medis untuk menangani gangguan pencernaannya. (3) Tentu saja, pemulihan suaranya, dan ini berkaitan langsung dengan keterampilan (Saya) sebagai Terapis Wicara.
Seperti apa yang dikatakan (almarhum) dosen-rockstar Saya, bahwa metode paling ampuh untuk menangani hampir seluruh kasus suara adalah metode pushing-approach yang sangat populer di kalangan terapis wicara itu, maka yang Saya berikan adalah metode yang sama dengan berbagai penyesuaian (Imagery Pushing Approach). Dan sebelumnya sudah dilakukan teknik-teknik lain untuk menunjang keberhasilan terapi suaranya.
Well, Allahu a’lam

Related Posts

 

Tinggalkan Balasan